Login
User : 
Pass : 



[ Daftar ]
[ Lupa Password ]
Menu
Utama
Profil
Hubungi Kami
Versi Inggris
Versi Indonesia
 
JKTI
Isu-isu
Program
 
ARTIKEL
Tungku
Dapur
Biomasa
 
DATA
Pengantar
Pustaka
Jaringan
 
 
 
 
Lihat Detail Berita Kategori [Tungku]
 
Tanggal : 8-/-0/2011 18: 1:4:
 
Tungku Pembakar Roti
 
Siang itu, cuaca diluar masih dalam kondisi hujan dan suhu udara cukup dingin, akan tetapi ruangan membakar roti suhu malah terbalik, sangat panas. Bara api yang menyala-nyala dari tungku pembakar roti seakan tidak dipengaruhi oleh suhu yang cukup dingin diluar sana.
Kesibukan terlihat disana-sini, beberapa pekerja setengah bertelanjang dada sedang menyiapkan adonan untuk membuat roti, sebagian lagi sedang membentuk roti-roti yang siap dipanggang dan sebagian lagi sedang menyiapkan nampan-nampan berbahan kaleng siap untuk dibakar. Demikian sekilas usaha kecil pembuatan roti yang berada di Desa Tembung Pasar V, Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
Roti yang dihasilkan dari pabrik yang kecil ini merupakan roti-roti yang sangat digemari oleh masyarakat Tembung, sebuah ibu kota kecamatan di Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. yang jaraknya cukup dekat dengan usaha pembuatan roti ini.
Jenis roti yang dihasilkan seperti roti donat, roti isi kelapa, roti bantal, roti isi kacang tanah dan roti isi kacang hijau.

Setiap hari, usaha pembuatan roti ini menghabiskan 75 kg tepug terigu, kelapa 25 butir, dan mentega 7 kg menghasilkan kurang lebih 900 buah roti dengan harga jual dari pabrik seharga 200 rupiah perbuahnya.
Dan untuk membuat roti sebanyak itu, tenaga kerja yang mengerjakannya sebanyak 4 orang yang terdiri dari 3 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Akan tetapi untuk menjajakannya yang setiap hari berkeliling kota Tembung menggunakan tenaga sejumlah 15 orang.
Tungku yang Digunakan
Tungku yang digunakan merupakan tungku yang masih sederhana, roti-roti yang sudah disusun diatas nampan hanya ditempatkan diatas bara api dan menunggu hingga roti mateng. Yang perlu dijaga adalah jangan sampai terlalu lama sampai roti tersebut hangus.
Tungku yang berukuran tinggi 1,75 m, panjang 3,10 m, dan lebar 2,26 m, menggunakan bahan bakar berupa kayu bakar dicampur dengan bahan-bahan yang mudah terbakar lainnya. Dan perharinya menghabiskan sekitar 50 ikat kayu bakar dengan harga perikat 250 rupiah atau total biaya yang dikeluarkan perhari khusus untuk kayu bakar sebesar 12.500 rupiah.
Setiap hari tungku yang dioperasikan karyawan laki-laki ini dioperasikan mulai dari jam 07 pagi sampai jam 06 sore, kecuali hari Juímat.
Pak Slamet, yang menjadi bos pada pabrik roti ini, menuturkan bahwa usaha pembuatan roti yang menggunakan pembakaran kayu seperti ini sudah agak jarang ditemui di sekitar lokasi tersebut, karena beberapa alasan seperti kepraktisan, kebersihan dan juga kalau musim hujan agak susah menemukan kayu bakar yang kering.
Lebih lanjut Beliau menuturkan bahwa jika modalnya mencukupi ia akan merubah tungku tersebut tidak berbahan bakar kayu lagi agar tidak tergantung cuaca lagi dan rotinya menjadi lebih baik lagi.
Ukuran teknis tungku
 Tingginya 175 cm
 Panjang 310 cm
 Lebar 226 cm
 Tinggi mulut memasukkan roti 90 cm
 Tinggi pintu ruang bakar 50 cm
 Lebar pintu ruang bakar 68 cm

Majalah tungku Indonesia
"Asap" edisi 3
April 2001


 
Penulis : ahmad kahar dimyati
 
KABAR Jaringan
 
PELATIHAN TSHE (TUNGKU SEHAT DAN HEMAT ENERGI) DI SAMIGALUH, KULONPROGO

Kegiatan pelatihan tungku ini dilaksanakan pada 13,15 dan 16 Oktober 2008 bertempat di kediaman Pak Widyo di Desa Nglambur, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Jogjakarta dan dihadiri oleh Bapak Camat .....

Selengkapnya...
 
 
MULTI Media
 
Tungku SAE adalah tungku gerabah yang telah dimodifikasi sehingga bisa mengingkatkan kinerjanya. Tungku ini memiliki 2 lubang masak, dimana lubang kedua terletak lebih tinggi dan mempunyai cakilan untuk tumpuan alat masak. Dibanding tungku tradisional kebanyakan, tungku SAE akan menghabiskan kayu .....

Selengkapnya...
 
Majalah ASAP
 
Link Majalah Asap Lengkap
 
Ingin membaca majalah Asap dari Edisi awal hingga Edisi akhir? silahkan klik link dibawah ini:
Edisi 1

Selengkapnya...
 
LINKS :
FAO-RWEDP
Energia
ARECOP
 
 
Copyright © 2000 - 2003 Jaringan Kerja Tungku Indonesia
All Rights Reserved. Developed & Maintenanced by
Jogjakita